Tuesday 30 October 2012

0 Puncak Misterius di Cincin Saturnus


PUNCAK MISTERIUS DI CINCIN SATURNUS











        Gambar-gambar saturnus yang di ambil wahana cassini menunjukan bahwa cincin saturnus yang semula diduga tipis .ternyata bisa memiliki ketebalan berkilo-kilo meter dibeberapa titik.Bagian0bagian tertentu bahkan "beriak" akibat tabrakan kosmis antara partikel cincin dengan benda-benda angkasa .
   Cassini mengambil foto saturnus saat mengelilingi planet tersebut ketika cincin saturnus segaris dengan matahari  dan nyaris tak terlihat dari bumi.
   Cincin saturnus terbentuk dari bongkah-bongkah es yang menyebar hingga 140.000 kilometer dari pusat planet .Dibeberapa titik ,ketebalannya hanya sekitar 10 meter dari pusat planet,tetapi dilokasi lain bisa sangat tebal.
   Kondisi pencahayaan yang unik karena posisinya terhadap matahari memperlihatkan adanya riak-riak di cincinnya.Selain itu, ada bentuk-bentuk serupa riak yang menjulang hingga 4 kilometer .Perbedaan ketinggian ini antara lain pengaruh dari gaya tarik gravitasi bulan Daphnis.para peneliti memperkirakan ada sekitar 35 triliun ton es.debu.dan batu yang membentuk cincin Saturnus.

Sekian artikel dari kami , kurang lebihnya mohon di maafkan.
semoga bermanffat ,,,thanks.

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?